Senin, 11 Februari 2008

Memahami istilah interface

Beberapa waktu yang lalu saya menerima sebuah email dari mailing list (group) yang saya ikuti, didalam email tersebut terdapat sebuah kata yaitu interface.

Saya sempat bingung dengan istilah interface ini, karena menurut pemahaman saya (pada bidang ilmu komputer), ada beberapa arti dimana jika berhubungan dengan software, maka interface ini artinya dalam Bahasa Indonesia adalah antar muka, yaitu bagian dimana user atau pemakai software dapat melakukan input data, melihat output data di screen atau layar monitor.

Apabila berhubungan dengan hardware maka artinya adalah media penghubung, yang merupakan rangkaian elektronik, antara perangkat lain dengan komputer. Ada juga yang memakai istilah adapter.
Misalnya, Network Interface Card (NIC), yaitu perangkat penghubung antara kabel LAN / UTP dengan komputer.

Terlintas di pikiran saya untuk mencari sumber lain sebagai acuan, akhirnya saya coba untuk mencari di wiki (istilah yang dipakai oleh orang untuk menyebut wikipedia), saya mencoba untuk mencari dalam Bahasa Indonesia. Alamatnya adalah http://id.wikipedia.org/wiki/Interface.



Disitu dijelaskan arti interface pada bidang elektronik dan komputer adalah sebuah bagian atau sirkuit di beberapa sub sistem yang mengirim atau menerima sinyal ke atau dari sub sistem lainnya.

Tidak ada komentar: